A Day Full of Visual Pleasers

Jadiiii minggu lalu adalah minggu yang cukup padat buat saya. Nggak cuma weekdays, tapi weekends juga. Kali ini saya mau cerita tentang hari Kamis-nya dulu aja, deh.

Seperti biasa, jadwal kantor kalau ke Jakarta biasanya cuma satu hari pulang-pergi, karena emang deket juga dari Bandung, kan. Selain mengunjungi salah satu proyek yang ada di Bintaro, kami sekantor (baca: empat orang, tambah satu yang bantuin nyetir) memutuskan buat mengunjungi berbagai macam acara yang surprisingly banyak banget ternyata, ya, minggu kemarin itu. Kalau boleh disebut, semacam design trip, lah.

Prihal Arsitektur Andramatin

Acara pertama yang kami datangi adalah pameran karya arsitektur Andra Matin bertitel Prihal. Acara ini diselenggarakan di Galeri Nasional, sebrang Stasiun Gambir. Di sana kita bisa lihat perjalanan berkarya beliau selama kurang lebih 20 tahun (WOW).

Continue reading “A Day Full of Visual Pleasers”

Bukaan, Lebih dari Jendela

the modern house laura fulmine television centre
Interior Design by Laura Fulmine
© The Modern House

Setiap ketemu sama temen-temen yang konsultasi tentang desain interior rumahnya, saya kayak dapet klien baru yang familiar. Saya seneng denger temen-temen dan rencananya buat renovasi rumah mereka atau bikin rumah baru. Dengan mudahnya akses terhadap informasi, sekarang banyak banget temen-temen yang udah punya referensi sendiri tentang konsep rumah idealnya masing-masing. Tau, lah, sekarang yang ngetren pasti rumah-rumah yang fasadnya minimalis dan interior skandinavia.

Dari semua hal yang mereka konsep sendiri itu, tentang dimana letak kamar atau parkiran, atau keramik warna apa yang mau dipasang di kamar mandi, yang saya selalu tekankan ketika ngobrol soal ini cuma satu; bukaan untuk cahaya dan udara. Beneran deh, ketika kamu masuk ke tahap bagi-bagi jatah ruangan, bukaan adalah faktor besar yang harus dipertimbangkan.

Emang segitu pentingnya, ya, bukaan buat rumah? Efeknya apa aja?

Continue reading “Bukaan, Lebih dari Jendela”