Bukaan, Lebih dari Jendela

the modern house laura fulmine television centre
Interior Design by Laura Fulmine
© The Modern House

Setiap ketemu sama temen-temen yang konsultasi tentang desain interior rumahnya, saya kayak dapet klien baru yang familiar. Saya seneng denger temen-temen dan rencananya buat renovasi rumah mereka atau bikin rumah baru. Dengan mudahnya akses terhadap informasi, sekarang banyak banget temen-temen yang udah punya referensi sendiri tentang konsep rumah idealnya masing-masing. Tau, lah, sekarang yang ngetren pasti rumah-rumah yang fasadnya minimalis dan interior skandinavia.

Dari semua hal yang mereka konsep sendiri itu, tentang dimana letak kamar atau parkiran, atau keramik warna apa yang mau dipasang di kamar mandi, yang saya selalu tekankan ketika ngobrol soal ini cuma satu; bukaan untuk cahaya dan udara. Beneran deh, ketika kamu masuk ke tahap bagi-bagi jatah ruangan, bukaan adalah faktor besar yang harus dipertimbangkan.

Emang segitu pentingnya, ya, bukaan buat rumah? Efeknya apa aja?

Bukaan

Bukaan ini bisa banyak jenisnya, tapi intinya adalah medium buat cahaya dan/atau udara masuk atau keluar dari rumah. Banyak, kan? Bisa jendela berkaca, bisa ventilasi, bisa dinding roster yang bolong-bolong tapi tetap bisa berperan untuk menjaga privasi. Posisinya juga macem-macem! Ada yang di dinding bagian bawah dekat lantai, ada juga di bagian atas dekat plafon, atau sekalian di atap langsung.

d5ebb-cantilever_leopoldcres_c2a9tatjanaplitt_1292.jpg
Photography by Tatjana Plitt
© cantilever
Shepherd’s Bush by Al-Jawad Pike
© LEIBAL

Efek Bukaan

Banyak penelitian yang membuktikan kalau cahaya dan udara punya pengaruh yang cukup besar buat manusia yang tinggal di sebuah ruangan. Pengaruh ini bisa macem-macem bentuknya, baik secara fisik maupun psikis.

Ruangan yang nggak terkena cahaya bisa berakibat lembap. Nah, dari nggak ada cahaya aja udah bisa berpengaruh ke mood dan produktivitas, apalagi ditambah kondisi ruangan lembap yang ujungnya bisa berpengaruh ke kondisi kesehatan. Belum lagi kalau kita ngomongin tentang energi yang kita pakai dan keluarkan karena harus menyalakan lampu di siang hari, berapa tuh bayar listriknya? Do you get my point?

Solusi

Duh, tapi rumahku sempit. Pasti harus ada ruangan di tengah rumah, tapi jadinya kamar bagian belakang nggak dapet cahaya dari luar. Gimana? Atau, rumahku di bagian kanan, kiri, belakangnya diisi rumah tetangga. Nggak bisa pasang jendela selain di depan. Gimana?

Solusinya tentu banyak banget, tapi kita absen yang paling umum aja, ya. Harusnya, sih, salah satunya bisa jadi solusi buat pertanyaan-pertanyaan yang mirip kayak pertanyaan di atas.

  1. Kurangi sekat dinding. Coba aplikasiin konsep open space buat rumah kamu. Ruang keluarga dan ruang makan sebetulnya perlu nggak, sih, disekat tembok? Nggak disekat juga nggak apa-apa! Kan penggunanya itu-itu juga. Atau kalau mau ada sekat, coba pakai sekat yang nggak masif. Di IKEA banyak, tuh.
  2. Bukaan di atap. Ini bisa jadi solusi buat rumah-rumah yang bertempat di lokasi padat penduduk. Tapi harus hati-hati pilih posisi ya biar kalau siang nggak perlu kena panas sinar matahari juga. Cari aja tempat-tempat strategis yang nggak langsung kena ke area aktivitas utama kamu, misalnya di pinggir-pinggir dekat dinding.
  3. Inner court. Halaman kecil ini ngebantu banget, sih. Selain bikin rileks karena ada halaman kecil di belakang rumah atau di tengah rumah, udah pasti sirkulasi udara dan cahayanya bagus buat rumah. Nggak perlu gede-gede amat. Kolam kecil buat tiga ikan atau sepetak area buat nanam rumput dan tanaman-tanaman mini juga cukup.
The Bourne Road Residence Frames the Outdoor Spaces - Design Milk
The Bourne Road Residence by studiofour
© design milk

Manusia sebagian besar menghabiskan waktunya di dalam ruangan. Jadi kalau mood kamu jelek tapi nggak ada sebabnya, coba deh lihat sekeliling. Ruangan yang kayak gimana sih yang kita tinggali selama ini? Mendukung kebutuhan kita untuk beristirahat dengan sehat, nggak? Atau mendukung kebutuhan kita untuk bekerja dengan produktif, nggak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *